baner

Wisuda Virtual Tahun 2021

Warta Sekolah, 20 Juni 2021gambare

SMK Negeri 2 Pacitan menyelenggarakan wisuda secara online untuk pertama kalinya pada hari Kamis (10/06/2021) bertempat di D’Amore Hotel SMK Negeri 2 Pacitan yang diikuti oleh 456 peserta didik kelas XII .

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir memaksa sekolah-sekolah untuk tetap memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selain itu berbagai kegiatan sekolah pun menjadi terhambat, salah satunya yaitu kegiatan wisuda. Hal ini juga dialami oleh SMK Negeri 2 Pacitan. Padahal, wisuda menjadi sebuah kegiatan yang paling dinanti bagi peserta didik kelas XII untuk membuat kenangan indah bersama teman maupun Bapak Ibu Guru. Oleh karena itu, tanpa mengurangi esensi seremonial kegiatan wisuda, SMK Negeri 2 Pacitan melaksanakan wisuda tahun 2021 secara virtual.

Pada hari Kamis (10/06), melalui siaran Zoom, Kepala SMK Negeri 2 Pacitan, Drs. Hendrik Subroto secara resmi telah melepas 456 peserta didik kelas XII. Walaupun di era pandemi, seluruh peserta didik yang dinyatakan lulus ini sebelumnya telah mengikuti berbagai rangkaian ujian, diantaranya yaitu Ujian Kompetensi Keahlian, ujian Praktik, dan Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer (USP-BK) sampai akhirnya dinyatakan 100% lulus. Diantara peserta didik tersebut kini sudah ada yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta melalui berbagai jalur, yaitu

  • Jalur SNMPTN 14 peserta didik
  • SNMPN 2 peserta didik
  • SPAN PTKIN 5 peserta didik
  • POLTEKES KEMESKES 10 peserta didik
  • Reguler 1 peserta didik dan SBMPTN 9 peserta didik
  • Serta beberapa peserta didik telah bekerja sesuai dengan bidangnya, khususnya untuk Alfamart Class.

Acara wisuda dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan penayangan video pengalungan samir seluruh wisudawan/wisudawati yang disertai dengan nama dan foto ketika awal masuk ke SMK Negeri 2 Pacitan. Setelah itu, secara seremonial Kepala Sekolah menyerahkan kembali peserta didik yang telah lulus pada dewan komite sekolah. Hal yang tidak berubah seperti wisuda tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya pemberian penghargaan bagi peserta didik terbaik dari setiap Kompetensi Keahlian dan Kelas.

Di akhir sambutannya, Drs. Hendrik Subroto berpesan pada seluruh wisudawan / wisudawati untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin dari berbagai sumber, selain itu mereka diminta untuk tetap memegang teguh etika dan akhlak yang luhur, agar tidak terseret dalam arus yang melanggar nilai agama dan budaya.

Selengkapnya dapat diakses melalui link berikut :

Video Wisuda Virtual SMK Negeri 2 Pacitan Tahu 2021

(sdk/hum)
Peta Sekolah