baner

Sosialisasi SMK COE dan Penandatanganan MoU IDUKA

Kebijakan Mutu, 28 Maret 2021

Menjadi sesuatu yang membanggakan bagi SMK Negeri 2 Pacitan, Jawa Timur karena dipercaya menjadi sekolah Center of Excellence (CoE) untuk Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (ASKEP). Program CoE (Center of Excellence) merupakan program dari Direktorat SMK Kemendikbud yang diluncurkan pada Juli 2020 sebagai upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan, yang mana salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing tinggi dan siap menghadapi tantangan serta dinamika perkembangan nasional maupun global.

Pemilihan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan sebagai jurusan unggulan dilandasi oleh tingginya permintaan tenaga Kesehatan di dunia kerja. Namun, SMK yang memiliki kompetensi ini masih sedikit, khususnya di Kabupaten Pacitan. Kepala SMK Negeri 2 Pacitan, Drs. Hendrik Subroto, M. M. , menyampaikan bahwa “SMK Negeri 2 Pacitan akan selalu berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan di bidang Kesehatan khususnya care giver atau home care. ” Salah satu aksi nyata mewujudkan visi misi tersebut yaitu dengan menggandeng berbagai IDUKA sebagai mitra, salah satunya yaitu PT Insan Medika Persada.

Pada Sabtu (27/03), SMK Negeri 2 Pacitan melaksanakan Sosialisasi SMK Center of Excellence (CoE) di Gedung Serbaguna yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian, siswa siswi jurusan Asisten Keperawatan dan perwakilan dari Insan Medika. Selain sosialisasi, Kepala SMK Negeri 2 Pacitan menandatangani MoU bersama dengan Direktur PT Insan Medika Persada, Try Wibowo. Dalam Kerjasama ini, Insan Persada berkomitmen memberikan pelatihan pada guru maupun siswa siswi jurusan Asisten Keperawatan untuk meningkatkan skill pada bidang Home Care dan meyalurkan lulusannya ke dunia kerja.

Kerjasama yang terjalin antara SMK Negeri 2 Pacitan dengan PT Insan Medika Persada diharapkan menjadi awal yang baik dalam pengembangan sekolah, khususnya link and match pembelajaran jurusan Asisten Keperawatan dengan IDUKA sehingga akan menghasilkan lulusan yang memiliki skill sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Program unggulan kompetensi keahlian Asisten Keperawatan saat ini tentunya akan diikuti oleh kompetensi keahlian yang lainnya secara bertahap. Hal ini merupakan komitmen SMK Negeri 2 Pacitan untuk terus mengembangkan sekolah dengan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

(sdk/hum)
Peta Sekolah