baner

Juara II National Accounting Competition 4 STIESIA Surabaya

Akuntansi dan Keuangan Lembaga, 18 Agustus 2021gambare

Siswi Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) kembali membawa prestasi dan mengharumkan nama SMK Negeri 2 Pacitan setelah mendapatkan Juara II pada Accounting Competition (ACTION) ke-4 yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia – Surabaya pada 31 Juli sampai dengan 01 Agustus 2021. Prestasi tersebut diukir oleh Anissa Desty Vambia dan Prestika Oktaviana.

ACTION 4, merupakan kompetisi tingkat Nasional yang diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis STIESIA Surabaya yang ke-49. Dibalik acara perayaan HUT, ACTION 4 digelar sebagai sarana meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang Akuntansi, serta sebuah usaha untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa dan mewujudkan generasi berprestasi di era globalisasi.

Sebelum berhasil meraih Juara II, Tim Akuntansi SMKDA sebelumnya sudah melewati 4 (empat) tahap lomba dan bersaing ketat dengan tim lain yang berasal dari seluruh Indonesia. Tahap yang pertama yaitu, Preliminary I. Pada tahap ini, peserta mengerjakan 75 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit secara online. Materi yang dilombakan meliputi Akuntansi teori dan praktik dengan soal 20?hasa Inggris dan 80?hasa Indonesia. Selanjutnya apabila sudah lolos pada tahap penyisihan pertama, peserta akan mengikuti tahap penyisihan kedua, yaitu Preliminary II. Peserta akan dihadapkan pada 50 soal yang terdiri dari teka-teki silang, sebab atau akibat, benar atau salah dan analisis akuntansi menggunakan soal bahasa Indonesia dengan waktu pengerjaan 90 menit secara online.

Setelah melewati 2 (dua) tahap penyisihan, Tim Akuntansi SMKDA melaju ke semi final bersaing dengan 9 (sembilan) tim lainnya mengerjakan satu soal siklus akuntansi perusahaan dagang. Siklus akuntansi dimulai dengan mengerjakan ayat jurnal penyesuaian sampai neraca saldo dalam waktu 120 menit. Tahap terakhir dari ACTION 4 yaitu Final, Anissa Desty Vambia dan Prestika Oktaviana diberikan waktu 30 menit untuk presentasi dan memecahkan masalah yang diberikan oleh juri, sampai akhirnya diumumkan memperoleh Juara II.

Keberhasilan yang didapatkan oleh Tim Akuntansi SMKDA tidak terlepas dari usaha dan bimbingan intensif bersama Bapak Ibu Guru dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan akan diperoleh dengan kegigihan dan usaha yang maksimal dari berbagai pihak pendukung. Drs. Sukarni selaku ketua pembimbing berharap jurusan Akuntansi dapat berpartisipasi kembali pada kompetisi selanjutnya dan terus mengukir prestasi.

(sdk/hum)
Peta Sekolah